Monday, October 5, 2020

Akuntansi Keuangan : Pengertian, Fungsi Dan Tujuannya

Ilmu akuntansi mempunyai peranan sangat penting didalam mengambil suatu keputusan, tidak terkecuali pada akuntansi keuangan yang mempunyai peran sendiri dalam mengambil keputusan. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang akuntansi keuangan secara lengkap,. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

akuntansi keuangan

Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli :

Akuntansi Keuangan Menurut Warren Reeve Fess (2008:15)

Dalam buku “Accounting Pengantar Akuntansi”, Warren Reeve Feves menjelaskan:
Financial accounting is primarily concerned with the recording and reporting of economic data and activites for a business. Although suchreports provide useful information for managers, they are the primary reports for owners, creditors, governmental agencies, and the public.”(2008:1)
Artinya : Akuntansi keuangan adalah pencatatan dan pelaporan data serta kegiatan ekonomi perusahaan.Walaupun laporan tersebut menghasilkan informasi yang berguna bagi  manajer, namun hal itu  merupakan laporan utama bagi pemilik(owner), kreditor,  lembaga  pemerintah  dan  masyarakat umum.”(2008:15)

Akuntansi Keuangan menurut Donald  E.  Kieso,  etal (2008:2)

Dalam bukunya “Akuntansi Intermediate
Akuntansi keuangan adalah sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan baik pihak-pihak internal maupun pihak eksternal.” (2008:2)

Arti Akuntansi Keuangan Menurut Martani (2012:8)

Akuntansi keuangan berorientasi pada pelaporan pihak eksternal. Beragamnya pihak eksternal dengan tujuan spesifik bagi masing-masing pihak membuat pihak penyusun laporan keuangan menggunakan prinsip dan asumsi-asumsi dalam penyusunan laporan keuangan. Untuk itu diperlukan standar akuntansi yang dijadikan pedoman baik oleh penyusun maupun oleh pembaca laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan dari akuntansi keuangan berupa laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement).

Pengertian Standar Akuntansi Keuangan (SAK) 

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah suatu kerangka dalam prosedur pembuatan laporan keuangan agar terjadi keseragaman dalam penyajian laporan keuangan (Augustyas, 2011).

Fungsi Akuntansi Keuangan

  • Agar mengetahui dan menghitung laba ataupun rugi yang sudah didapat oleh perusahaan.
  • Agar dapat memberikan informasi yang bisa berguna bagi manajemen perusahaan.
  • Agar bisa membantu untuk menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal maupun eksternal.
  • Untuk mengawasi dan mengendalikan berbagai macam suatu kegiatan yang terjadi pada perusahaan.
  • untuk membantu suatu perusahaan dalam mencapai targetnya yang sebelumnya sudah ditentukan.
  • Dapat memberikan informasi yang bisa berguna bagi manajemen perusahaan.
  • Mengetahui dan menghitung laba ataupun rugi yang sudah didapat oleh perusahaan.untuk membantu suatu perusahaan dalam mencapai targetnya yang sebelumnya sudah ditentukan.
  • Membantu untuk menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal maupun eksternal.
  • Untuk mengawasi dan mengendalikan berbagai macam suatu kegiatan yang terjadi pada perusahaan.

Tujuan Akuntansi Keuangan

  • Untuk memberikan sebuah informasi yg bisa dipercaya mengenai sebuah perubahan sumber ekonomi netto suatu perusahaan yg muncul dari suatu aktivitas dalam rangka mendapatkan laba.
  • Bertujuan untuk memberikan sebuah informasi yg terpercaya mengenai Aktiva, Kewajiban dan yang terakhir Modal.
  • Bertujuan ntuk membantu para pemakai dalam memperkirakan suatu potensi perusahaan untuk menghasilkan sebuah laba.
  • Bertujuan untuk Memberikan informasi penting lainnya yang mengenai suatu perubahan sumber-sumber ekonomi & kewajiban yang seperti informasi mengenai aktivitas belanja.
  • Bertujuan untuk mengungkapkan suatu informasi lain yg berkaitan dengan suatu laporan keuangan yg relevan untuk sebuah kebutuhan pemakai laporan keuangan.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Akuntansi Keuangan Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.

Sumber : gurupendidikan.co.id
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id

0 comments:

Post a Comment