Friday, October 17, 2014

Dropship : Pengertian dan Sistem Kerja Dropship

Apa Itu Dropship?

dropshipping 150x150 Dropship : Pengertian dan Sistem Kerja DropshipDropship adalah sebuah istilah yang populer di dunia bisnis online dewasa ini, untuk menjadi seorang pelaku bisnis dropship Anda hanya perlu membayar keanggotaan (bahkan ada supplier yang tidak menetapkan biaya keanggotaan)  dan media pemasaran. Meskipun para supplier terlihat lebih repot dalam hal ini, namun hal ini sesuai dengan penjualan produk mereka yang terus meningkat karena peran dropshipper. Secara langsung, dropshipper merupakan peluas jangkauan pasar dan juga mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.

Sistem Kerja Dropship

Yuk kita lihat skema cara kerja dropship berikut :
dropship1 Dropship : Pengertian dan Sistem Kerja Dropship








 1. Anda melakukan promosi produk (yang Anda dapatkan dari supplier) melalui website/blog, jejaring sosial, forum,
BBM, offline.
2. Konsumen memesan produk, lalu Anda cek stok dan ongkos kirim.
3. Konsumen membayar produk sesuai dengan harga yang Anda berikan kepada konsumen + ongkos kirim.
4. Setelah Anda menerima pembayaran dari konsumen, Anda meneruskan informasi kepada supplier dan membayar
kepada supplier sesuai harga yang ditentukan sebelumnya + onkos kirim
5. Supplier mengemas dan mengirim produk kepada konsumen Anda atas nama Anda

Simple khan?? Anda sudah mendapatkan keuntungan dari selisih harga dari harga supplier – harga Anda kepada konsumen .

Keunggulan Dropship

Berikut keunggulan dari dropship :

1. Akses produk yang luas

Dalam hal ini Anda mudah sekali menambahkan maupun mengurangi produk yang Anda jual, karena banyak sekali supplier-supplier yang bersedia menerima Anda sebagai dropshipper. Anda akan mudah mengikuti trend produk yang saat ini sedang trend di masyarakat. Bayangkan jika Anda adalah seorang supplier yang memproduksi sendiri produk yang Anda jual, tentu hal yang sangat sulit dan tentunya beresiko dilakukan jika Anda mencoba untuk beralih memproduksi barang lainnya butuh kemampuan dan research yang lebih jika Anda ingin beralih memproduksi barang lain.
Namun, saya berharap bagi Anda yang memiliki dana dan kemampuan untuk memproduksi barang sendiri sebaiknya tidak tidak terpengaruh dengan kemudahan yang dropshipper miliki karena mau tidak mau, suka tidak suka persentase keuntungan antara supplier dan dropshipper pastinya lebih besar supplier. Dengan Anda menjadi supplier Anda mudah menetapkan harga jual Anda dan merekrut sebanyak-banyaknya dropshipper untuk membantu memperluas pasar Anda.

2. Resiko Bisnis yang kecil

Dropship mempunyai resiko bisnis lebih kecil,berikut pembahasannya:
  1. Anda bisa menghindari resiko produk tidak terjual, dalam konteks dropship Anda tidak perlu dipusingkan dengan memikirkan produk Anda yang belum terjual karena memang Anda tidak rugi dalam hal ini hanya saja mungkin keuntungan Anda tidak sesuai dengan harapan Anda. Ingat Anda tidak memiliki produk jadi ini adalah urusan supplier.  Sementara tugas Anda hanya mempromosikan produk.
  2. Anda tidak terjebak dalam resiko berubahnya trend, seperti yang saya bahas sebelumnya jika Anda seorang pelaku dropshipper Anda akan mudah sekali mengikuti produk yang trend saat itu tanpa dikhawatirkan produk Anda tidak laku terjual.
Resiko bisnis yang kecil memudahkan langkah Anda untuk mengeksplorasi ide-ide dan langsung menuangkannya ke dalam bisnis. Ketakutan akan kerugian bisa dihilangkan serta peluang tercapainya keuntungan maksimal akan lebih besar.

3. Dropship sangat murah

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa toko, yang notabene saat ini harga sewanya sangat tinggi apalagi toko tersebut berada di kota besar dan strategis. Hmm Anda bisa bayangkan berapa modal yang perlu Anda keluarkan??
Anda hanya perlu mencari supplier yang membuka peluang dropship, dan bisa langsung mulai berjualan. Anda tidak perlu membeli domain dan hosting untuk membangun toko online sendiri jika Anda memang tidak mau, Anda hanya perlu memaksimalkan fungsi jejaring sosial Anda.

4. Dropship tidak repot dan tidak membuat Anda sibuk.

Dropship hanya mengharuskan Anda untuk melakukan promosi secara efektif dan konsisten, karena inilah intinya dari bisnis ini. Anda tidak perlu menghasilkan produk, Anda tidak perlu mengemas dan Anda tidak perlu mengirim produk karena semuanya akan dilakukan oleh supplier.

Sumber : primayudha.info
http://cara-buat-website.com

0 comments:

Post a Comment