Hal ini akan terdengar sangat gila, dan tidak masuk akal. Hal ini juga tampaknya belum pernah terjadi di Indonesia.
Itay Adam adalah seorang entrepreneur dengan pengalaman 22 tahun di dunia marketing online dan perusahaan startup. Dia banyak mendirikan perusahaan, sebagian sukses sebagian tidak.
Kali ini, Adam mencari dana untuk membiayai perusahaannya. Parahnya, perusahaan yang dia bentuk, is nothing, alias tidak memiliki apa-apa, termasuk produk untuk dijual.
Ceritanya,
Adam berkesempatan mendapatkan modal sebesar USD2 juta, setara dengan
Rp23,35 miliar (kurs Rp11.675 per USD) dari sebuah private equity yang beroperasi London, Brasil dan Colombia.
Dia
pun memilih konsisten untuk menampilkan hal yang simple, yakni lima
slide presentasi dalam 40 menit. Alhasil, tampilah satu orang pemberani
dibalut celana jeans dan tshirt, lima slide, 18 jokes, tapi tanpa produk.
Slide pertamanya menampilkan kuote singkat, yang merupakan inspirasi dari sebuah acara situasi komedi (sitkom) Seinfeld: "This is a show about nothing".
Lalu
bagaimana dia bisa mendapatkan USD2 juta itu? Adam selanjutnya
menjelaskan jika slide tersebut tentang filosofi, pengalaman, usia dan
passion.
Faktanya, ternyata dia tidak sembarangan. Adam malah khusus merekrut screenwritter profesional
untuk presentasi itu, untuk mengajarinya melakukan standup commedy
selama 40 menit tersebut. Bahkan, dia berlatih selama seminggu. Lalu,
dia memberikan pertunjukan terbaiknya.
Bagi Adam, entertaiment is everything: Standup = Startup.
Hasilnya,
beberapa hari kemudian, dia menandatangai kesepakatan senilai USD2 juta
tersebut, tanpa produk, hanya kecerdikan dan kesederhanaan.
"Lihat,
tidak ada yang tahu apa hal besar yang akan terjadi selanjutnya, itu
semua hanya spekulasi. Tujuan saya adalah membangun tim berisi lima atau
enam orang, semua adalah veteran dengan track record yang sudah terbukti, semuanya berusia di atas 35 tahun. Untuk menghasilkan hal besar, itu sangat mungkin terjadi," jelas Adam.
"Ketika
Anda bertanya siapa entreprenuer yang menjadi inspirator. Saya yakin
banyak orang akan menyebut Steve Jobs atau Bill Gates. Tapi bagi saya
adalah Bob Parsons, founder GoDaddy," jelas dia.
"Dia
(Bob Parsons) mengubah situs yang membosankan menjadi online paling
seksi saat ini. Hebatnya, membeli 30 detik iklan dengan 90 persen dana
yang terseisa di kas perusahaan, adalah hal yang saya sebut langkah all
in," tutur dia.
"Terkadang, hal itu adalah satu-satunya cara
untuk membuat perubahan yang dramatis, untuk menjadi lebih baik, atau
bisa juga malah bertambah buruk," tutup dia.
Sumber : okezone.com
http://cara-buat-website.com
Friday, October 10, 2014
Kisah Gila Entreprenuer Raih Rp23 Miliar dari 5 Slide Presentasi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment