Pernah mencicipi makanan Jepang? Bisa jadi resepnya berasal dari
Akimitsu Sano. Pria asal negeri matahari terbit ini punya situs berbagi
resep masakan yang diakses oleh 58,8 juta pengguna.
Ada 2,1 juta
resep di situs bernama Cookpad.com itu, mulai dari resep tradisional
Jepang hingga masakan barat seperti Bolognese pasta dan cheesecake.
Seperti
dikutip dari Forbes, Jumat (11/12/2015), dalam tujuh tahun terakhir,
Cookpad sudah menambah penggunanya hingga 12 kali lipat sehingga menjadi
situs ke-55 paling sering dibuka di Jepang. Penggunanya kebanyak wanita
Jepang berumur 20-30 tahun.
Sano, yang mendirikan perusahaan ini
pada 1997, menggelar initial public offering (IPO) di 2009 lalu.
Omzetnya melonjak 80% menjadi US$ 65 juta tahun lalu, dengan laba US$ 19
juta.
Sahamnya terus menanjak, dalam sebulan sudah naik 20%.
Sano yang punya 44% saham di perusahaannya itu kini sahamnya bernilai
US$ 1 miliar (Rp 13 triliun).
Pria berumur 42 itu jarang mau
berbicara kepada media maupun di hadapan publik. Tidak banyak info yang
bisa didapat tentang dia, kecuali dia adalah lulusan Universitas Keio
sebelumnya berkarir di Cookpad.
Sano berhenti menjadi CEO pada
2012 untuk berkonsentrasi di perusahaan yang dibelinya, Minnano Wedding,
sebuah situs yang menyediakan pembahasan tentang lokasi-lokasi
pernikahan.
Sano juga membeli Cucumbertown awal tahun ini, sebuah
blog tentang makanan di Amerika Serikat (AS). Analis memprediksi omzet
Cookpad bisa menembus US$ 112 juta tahun ini, dan naik lagi jadi US$ 150
juta tahun depan.
Sumber : detik.com
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html
Friday, December 11, 2015
Orang Jepang Ini Raup Rp 13 Triliun Berkat Jualan Resep Online
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment