Friday, November 10, 2017

Bagaimana Cara Posting Buku Besar Akuntansi ?

post
Buku Besar Bersaldo Rangkap

Langkah – langkah pencatatan ke buku besar atau yang biasa disebut posting, yaitu :
  1. Catat saldo awal buku besar dari neraca awal (jika perusahaan sudah berdiri sebelumnya periode bersangkutan dan mempunyai laporan keuangan pada periode sebelumnya). Akun yang ada di sisi debet neraca dicatat sebagai saldo awal debit akun buku besar dan akun yang ada di sisi kredit neraca dicatat sebagai saldo awal kredit akun buku besar.
  2. Untuk mencatat tanggal pada buku besar diambil dari kolom tanggal transaksi pada jurnal kemudian pindahkanlah ke kolom tanggal akun buku besar yang bersangkutan. Secara berurutan mulai dari tanggal termuda.
  3. Catat keterangan buku besar yang diambil dari keterangan/uraian jurnal ke dalam kolom keterangan pada akun buku besar yang bersangkutan.
  4. Catatlah jumlah debit akun pada jurnal ke kolom debet akun buku besar yang bersangkutan dan mencatat jumlah kredit akun pada jurnal ke kolom kredit akun buku besar yang bersangkutan.
  5. Catatlah nomor halaman jurnal yang diposting ke kolom referensi (Ref) pada akun buku besar yang bersangkutan.
  6. Jika akun dalam jurnal sudah dipindahkan atau diposting ke dalam akun buku besar maka di kolom referensi jurnal dicatat dengan nomor kode akun yang bersangkutan agar menandakan bahwa akun tersebut sudah diposting.
  7. Jika menggunakan akun buku besar yang berbentuk tiga kolom atau empat kolom, maka carilah saldonya dengan cara membandingkan antara keseluruhan saldo debit dengan kredit transaksi sebelum dimasuki oleh transaksi periode baru. Untuk mendapatkan saldo akhir dari setiap akun.
Pencatatan yang akun saldo awalnya debit akan menambah saldo debit dan mengurangi saldo kredit, sedangkan sebaliknya pencatatan yang akun saldo awalnya kredit akan menambah saldo kredit dan mengurangi saldo debit.


Dalam memposting perlu diperhatikan bahwa kita tidak boleh memposting mulai dari satu akun keseluruhan saja tetapi harus berdasarkan tanggal yang termuda. Misal, pada saat ketika posting Anda ingin posting akun kas saja terlebih dahulu mulai dari tanggal termuda hingga tanggal akhir kemudian piutang usaha lalu persediaan, hal tersebut tidak boleh. Anda harus posting per tanggal, contoh tanggal 2 pada jurnal terdapat jurnal pembelian (D) dank kas (K), maka Anda harus posting pembelian dan kas.

sumber : jasakonsultankeuangan.co.id
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html
http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html
http://aneka-cemilanenak.blogspot.co.id/

Contoh posting :
Jurnal Umum
Posting
Posting
Posting
Posting

0 comments:

Post a Comment