Friday, November 2, 2018

Inilah Pengertian dan Fungsi Akuntansi Biaya Serta Hubungannya Dengan Akuntansi Manajemen

Akuntansi biaya (cost accounting) merupakan bidang akuntansi yang penting dan perlu dikuasai bagi seorang praktisi akuntansi.

Fungsi akuntansi biaya adalah sebagaimana definisi akuntansi biaya yang disampaikan oleh Ralp S Polimenni dan James A. Cashin, bahwa akuntansi biaya adalah proses untuk mengidentifikasi, merangkum dan menafsirkan berbagai macam informasi  yang diperlukan untuk : 1) perencanaan dan pengendalian, 2) pengambilan keputusan manajemen, 3) perhitungan biaya atau harga pokok barang yang diproduksi.

Dari definisi tersebut, bila diperhatikan secara seksama, perhitungan biaya produksi berada pada point #3.

Hal ini karena kebiasaan pada sebagian besar perusahaan yang aktivitas utamanya adalah menyangkut  proses perencanaan dan pengendalian serta pengambilan keputusan.
Jadi tidak pada sisi-sisi yang lebih bersifat detil mekanis, seperti menghitung biaya atau harga pokok produksi.
Demikian juga pengertian akuntansi biaya yang disampaikan oleh  Ralph Estes. Menurutnya :

“Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang luas, terutama berkaitan dengan pengukuran, akumulasi dan pengendalian biaya-biaya, terutama biaya produk”

Dan bila dipersempit, pengertian akuntansi biaya sama dengan PRODUCT COSTING.
Lalu siapa saja yang menggunakan informasi akuntansi biaya?
Ada ada pihak yang menggunakan informasi akuntansi biaya, yaitu pihak internal dan pihak eksternal.

Pihak internal yang memerlukan informasi akuntansi biaya adalah berbagai pihak atau tingkat manajemen di dalam perusahaan. Sedangkan pihak eksternal misalnya investor, kreditur dan instansi yang berwenang serta masyarakat.

Hubungan Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Manajemen


Hubungan-Akuntansi-Biaya-dengan-Akuntansi-Manajemen

Agar pembahasan lebih komprensif tentang hubungan akuntansi biaya dengan akuntasi manajemen, mari kita pahami dulu mengenai pengertian akuntansi manajemen.
Ada 2 pengertian akuntansi manajemen, pertama berdasarkan pada pihak yang menggunakan informasi.

Dari sisi ini definisi akuntansi manajemen adalah salah satu bidang akuntansi yang tujuan utamanya untuk menyajikan laporan-laporan satuan usaha atau organisasi tertentu untuk kepentingan pihak internal dalam rangka melaksanakan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pembuatan keputusan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Jika dilihat dari hasil pelaporan maka pengertian akuntansi manajemen adalah penerapan teknik-teknik dan konsep yang tepat dalam pengolahan data ekonomi historikal untuk membantu manajemen dalam menyusun rencana dan membuat keputusan-keputusan rasional untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Dari definisi yang kedua ini, ada 4 hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
  • Diperlukan pemahaman dan kemampuan mengenai TEKNIK-teknik atau model-model seperti konsep perilaku biaya, hubungan cost volume dan profit, atau model-model matematis yang yang relevan.
  • Selain itu diperlukan juga pemahaman yang cukup terhadap metode akuntansi atau financial accounting dan cost accounting. Minimal memahami metode pencatatan data akuntansi atau metode harga pokok yang dilakukan terhadap historikal keuangan perusahaan.
  • Proyeksi-proyeksi yang dilakukan berkaitan erat dengan teori statistik.
  • Keputusan-keputusan yang diambil harus rasional yang berkaitan dengan pencapaian tujuan suatu organisasi. Organisasi yang sama dapat saja hasilnya berbeda, pencatatan yang berbeda dan tujuan yang berbeda.

Sedangkan menurut Ronald  M. Copeland dan Paul E. Dascher, mendefinisikan bahwa :
Managerial accounting adalah bagian dari akuntansi yang berhubungan dengan idntifikasi, pengukuran dan komunikasi informasi akuntansi kepada internal manajemen yang bertujuan untuk perencanaan, proses informasi, pengendalian operasi dan pengambilan keputusan.
Lalu bagaimana hubungan akuntansi biaya dengan akuntansi manajemen?
Bila digambarkan dalam suatu gambar sederhana adalah sebagai berikut :

perbedaan akuntansi biaya dengan akuntansi manajemen

Keterangan gambar :
A : Ruang lingkup akuntansi biaya
Dalam ruang lingkup ini mencakup semua informasi akuntansi biaya untuk kepentingan pihak eksternal.
B : Informasi akuntansi biaya untuk kepentingan pihak internal, yaitu informasi untuk berbagai peringkat manajemen.
C : Ruang lingkup akuntansi manajemen
Mencakup informasi akuntansi manajemen yang tidak dapat dipenuhi oeh informasi akuntansi biaya.
Demikian pembahasan mengenai pengertian akuntansi biaya,  fungsi akuntansi biaya dan perbedaan antara akuntansi biaya dengan akuntansi manajemen.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih

Sumber : manajemenkeuangan.net

0 comments:

Post a Comment