Jasa Akuntansi, Pembukuan Dan Pembuatan Laporan Keuangan
ANALISIS REGRESI SEDERHANA MENGGUNAKAN ANALYSIS TOOLPAK MICROSOFT EXCEL
Get link
Facebook
X
Pinterest
Email
Other Apps
Bila tulisan sebelumnya kita telah membahas dasar dari analisis regresi sederhana menggunakan satu set alat statistik yang telah disediakan oleh pengembang Ms Excel yang diberi nama “Analysis ToolPak”. Alat ini merupakan satu set perangkat “Data Analysis” dalam kelompok pengolahan DATA di Ms Excel. Sebelum menggunakan Anda harus mengaktifkan dulu fitur ini di Ms Excel Anda seperti pada gambar berikut.
Nah, bila Analysis ToolPak sudah berhasil dipasang maka kita akan segera memulai analisis regresi sederhana ini. Misalnya saya adalah seorang manajer toko sepeda motor dengan data penjualan dan jumlah sales sebagai berikut:
Singkat cerita, saya berencana menambah seorang tenaga sales menjadi 6 orang sales, kira-kira berapa penjualan tiap harinya?. Dalam tulisan sebelumnya telah kita hitung secara manual yang hasilnya adalah: Y = 1,85 + 0,25X + e atau Y’ = 1,85 + 0,25X Dari persamaan Y = a + bX + e atau Y’ = a + bX Dengan menggunakan Analysis ToolPak, kita tidak perlu lagi menghitung secara manual. Kita cukup memberi perintah pada komputer dan dalam sekejap komputer akan menyelesaikan penghitungan tersebut. Berikut langkah-langkahnya:
Siapkan datanya, buat file baru di Ms Excel dan buat tabel data seperti di bawah ini.
Buka Analysis ToolPak dengan cara pilih tool bar “DATA” kemudian pilih “Data Analysis” seperti gambar di bawah ini.
Lanjutkan dengan memilih “Regression” dengan menggeser “Scroll Bar” lalu klik “OK”
Setelah keluar menu “Regression” isi Range Data untuk Y dan kemudian X. Cara mengisi range data cara klik tombol yang ada panah merah diagonalnya, kemudian pilih seluruh range Y, setelah terpilih akhiri dengan “Enter”. Untuk X lakukan prosedur yang sama.
Setelah pengisian data variabel Y dan X selesai, lanjutkan dengan mencentang “Labels” karena kita telah memilih cell nama variabel yaitu X dan Y. bila anda hanya memasukkan data saja “Labels” tidak perlu dicentang.
Untuk output atau hasil analisis disediakan 3 (tiga) pilihan yaitu: di dalam lembar kerja yang sama dengan data kita, di lembar kerja yang lain (New Worksheet), atau di file yang berbeda (New Workbook).
Untuk kali ini kita akan tampilkan hasil regresi di Sheet yang sama dengan data tadi. Sehingga dibutuhkan ruang kosong untuk menampilkan data. Proses pengisian range cell output ini sama dengan pengisian range data Y dan X
Pada pilihan residual, Anda bisa memilih output residual apa saja yang anda butuhkan. Kali ini saya hanya ingin menampilkan perbandingan Y’ dan Y, atau Y estimasi dan Y aktual saja. Maka, saya memilih hanya mencentang “Line Fit Plots”.
Setelah pengisian menu Regression selesai akhiri dengan klik “OK”. Dalam sekejab output akan keluar di range output tadi sperti pada gambar di bawah ini. Hasilnya sama kan Gaes… dengan hitung manual…
Pada grafik “Line Fit Plots” di bawah ini menunjukkan selisih antara Y estimasi dan Y aktual. Y aktual ditandai dengan titik biru dan Y estimasi dengan titik jingga.
Demikan Gaes… cara melakukan regresi dengan Analysis ToolPak di Ms Excel. Mudah dan cepat bukan?…. Sekarang kita akan menginterpretasikan hasil persamaan regresi sederhana tersebut. Masih dengan cerita yang sama, yaitu saya berencana menambah seorang tenaga sales menjadi 6 orang sales. Untuk mengestimasinya kita menggunakan persamaan regresi sederhana. Dengan rumus persamaan sebagai berikut: Y = a + bX + e atau Y’ = a + bX Dan hasil penghitungan menggunakan rumus OLS adalah sebagai berikut. Y = 1,85 + 0,25X + e atau Y’ = 1,85 + 0,25X Jadi bila jumlah sales toko saya sebanyak 6 orang maka estimasi penjualan rata-rata setiap harinya adalah: Y’ = 1,85 + 0,25(6) Y’ = 1,85 + 1,5 Y’ = 3,35 Estimasi penjualan saya menjadi rata-rata 3,35 unit motor per harinya. Atau setiap penambahan seorang sales maka rata-rata penjualan motor per hari akan bertambah menjadi 0,25 unit. Angka ini dalam regresi disebut koefisien regresi atau bila diterjemahkan dalam grafik disebut slope (kemiringan). Bila slope positif maka grafik akan naik seiring dengan bertambahnya nilai X begitu pula sebaliknya. Hal ini juga sering disebut pengaruh positif. Bila nilai koefisien ini negatif maka dikatakan sebagai pengaruh negatif X terhadap Y. Persamaan di atas juga berarti bahwa ketika saya tidak menggunakan tenaga sales seorang pun maka penjualan motor rata-rata tiap hari adalah 1,85 unit. Angka ini dalam regresi disebut dengan istilah konstanta atau intercept, seperti pada gambar berikut ini. Baiklah Gaes… cukup sekian dulu ya…. Sampai jumpa lagi….
Dengan terus berlatih mempelajari contoh-contoh soal jurnal umum pada perusahaan dagang dan perusahaan jasa, manfaat yang bisa kita dapat adalah nantinya kita akan dengan mudah mencatat dan membukukan suatu transaksi. Bentuk Jurnal umum Pengertian jurnal umum adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat seluruh transaksi yang terjadi. Bentuk jurnal umum yang -sering- digunakan pada perusahaan dagang maupun perusahaan jasa adalah seperti berikut. Contoh soal jurnal umum ini adalah transaksi yang terjadi pada klub sepak bola “SOCCER” perusahaan ini dikelola oleh Tn. Pranoto. Tanggal Transaksi Januari 2017 1 Tn. Pranoto menyetorkan dana tunai sebesar Rp. 10.000.000 sebagai setoran modalnya. 2 Menyewa base camp dan lapangan bola selama 3 tahun, dibayar dimuka, sebesar Rp.90.000 2 Membeli perlengkapan tim berupa kostum, bola, dan alat-alat lainnya senilai Rp.17.500 3 Diterima uang dari Bank Garda Nasional sebesar Rp. 150.000 untuk pemasangan sponso...
Bukan rahasia lagi, kemungkinan besar kamu membutuhkan jurnal-jurnal dalam membuat laporan keuangan. Jurnal-jurnal tersebut ada yang bersifat wajib dibuat demi pengaturan keuangan yang baik, ada juga yang bersifat opsional. Salah satu jurnal yang sifatnya tidak wajib dibuat adalah jurnal pembalik. Namun, tentu saja akan lebih baik bagi keteraturan manajemen keuangan jika jurnal ini dibuat. Nah , di artikel ini kamu akan menemukan penjelasan, mulai dari pengertian hingga cara membuat jurnal pembalik. Pastikan kamu menyimak artikel ini sampai selesai, sebab di akhir artikel terdapat contoh jurnal pembalik. Pengertian jurnal pembalik Reverse entry atau jurnal pembalik adalah jurnal yang digunakan untuk membalikkan jurnal penyesuaian serta membentuk akun neraca. Tujuan utamanya, mencegah timbulnya akun ganda Sementara itu, pembuatan jurnal yang satu ini biasanya dilakukan pada awal periode baru supaya muncul analisis nyata yang up to date . Dengan kata lain, reverse...
Diskon atau potongan harga dengan berbagai variannya adalah salah satu strategi pemasaran yang lumrah dan menjadi andalan hampir semua penjual. Kalimat-kalimat indah, menggoda, dan menggugah rasa ingin berbelanja bertebaran di mana-mana. Sampai-sampai ada yang gila diskon . Ini beberapa contohnya. “Beli dua gratis satu” “Belanja senilai Rp. 500.ooo gratis voucher belanja senilai Rp.50.000” “Diskon 50% bila berbelanja pukul 22.00 – 24.00” “Diskon sesuai usia Anda, diskon sesuai usia pernikahan Anda” “Cukup bayar Rp. 100.000 Anda bisa menikmati tempat-tempat romantis di dunia” “Sebelum Anda membeli rumah kami, nikmati fasilitas rumah kami 2 hari secara gratis” Strategi lain yang juga dijalankan oleh penjual adalah dengan menuliskan beberapa alternatif harga produk dari yang tertinggi sampai terendah, ada juga yang menampilkan harga coret ? Sering menemui kan? Misalnya: Untuk produk ini Anda cukup membayar Rp. 10.000 Rp. 8.000 Tujuan dari strategi itu...
Comments
Post a Comment